Portal DPMPTSP https://dpmptsp.cilegon.go.id Fri, 27 Oct 2023 15:54:18 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.1.4 https://dpmptsp.cilegon.go.id/wp-content/uploads/2020/12/cropped-LOGO-SIPECI-POLOS-32x32.png Portal DPMPTSP https://dpmptsp.cilegon.go.id 32 32 Komitmen DPMPTSP Kota Cilegon Untuk Melayani Masyarakat Tidak Diragukan Lagi https://dpmptsp.cilegon.go.id/komitmen-dpmptsp-kota-cilegon-untuk-melayani-masyarakat-tidak-diragukan-lagi/ Fri, 27 Oct 2023 22:54:18 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230594 Tingginya keinginan masyarakat akan terwujudnya birokrasi yang transparan, akuntabel, serta bebas dari korupsi dan nepotisme (KKN) mengakibatkan reformasi birokrasi menjadi hal yang harus dilakukan oleh instansi pemerintah.

Pemberantasan KKN merupakan upaya meningkatkan kinerja, tidak hanya demi mewujudkan reformasi Birokrasi di Kota Cilegon sebagai target yang telah ditetapkan dalam membentuk institusi yang modern, bahkan sudah menjadi keharusan yang utama yaitu untuk dapat memenuhi harapan dan aspirasi masyarakat di Kota Cilegon.

Begitupun dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon yang baru baru ini telah menggelar perhelatan akbar, yang tujuan utamanya adalah komitmen yang tinggi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Tanpa komitmen dan keinginan yang kuat untuk mengembalikan martabat serta kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan pemerintahan yang baik dan bersih, keadilan yang menjadi dambaan publik kita saat ini akan sukulit untuk dicapai.

Perhelatan akbar yang dilaksanakan rabu (25/10/2023) terbagi menjadi beberapa sesi yang pertama adalah pencanangan zona integritas yang kemudian dilanjutkan dengan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Mal Pelayanan Publik.
Serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama sekaligus launching 5 gerai baru yang bergabung ke MPP Cilegon termasuk unit layanan kesehatan kerja bagi ASN.

Pencangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih resmi digaungkan oleh DPMPTSP Kota Cilegon. Kedepannya DPMPTSP Kota Cilegon akan menjadi lebih berintegritas dalam melaksanakan visi dan misi pelayanan pulik, sehingga dapat berperan dalam pelaksanaan pencegahan korupsi, menjalankan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Acara yang dilaksanakan di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cilegon ini dihadiri oleh Walikota Kota Cilegon, Wakil Walikota Kota Cilegon, Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Ketua Ombusman Provinsi Banten, Forkopimda, turut hadir juga perwakilan perusahaan yang ada di Kota Cilegon, Kepala OPD se-Kota Cilegon, instansi yang tergabung kedalam gerai dalam Mal Pelayanan Publik, para Camat dan lurah se-Kota Cilegon dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Dengan bertambahnya jenis layanan pada MPP Cilegon Memberikan kemudahan akses masyarkat dalam memperoleh pelayanan publik, khususnya pada pelayanan Universal Health Coverage (UHC) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial dan Kesehatan. Yang sebelumnya untuk mendapatkan layanan bpjs bagi yang kurang mampu atau UHC ini masyarakat harus ke 2 lokasi yg berbeda, dan saat ini hanya ke MPP Cilegon sudah dapat terlayani. Kemudian hadir juga pelayanan informasi dan konsultasi pemilihan umum yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Cilegon, kemudian layanan dukungan perbankan yang dilaksanakan BPRS Cilegon Mandiri. Juga tidak lupa MPP memberikan fasilitasi pemasaran produk bagi para pelaku usaha mikro Kota Cilegon melalui inovasi pojok umkm.
Hal ini diamini oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian yang mengatakan bahwa “untuk mengurus PBJS atau UHC saat ini lebih memudahkan masyarakat cukup dengan one stop service (MPP) semua selesai, yang tidak kalah penting pemerintah Kota Cilegon sangat peduli terhadap seluruh ASN dengan dibukanya unit layanan kesehatan untuk ASN, ini merupakan wujud kecintaan terhadap ASN, minimal ASN dapat berkonsultasi dan bisa memriksakan kesehatan dengan mudah”

Selanjutnya menyikapi besarnya andil DPMPTSP dalam mewujudkan upaya peningkatan layanan publik kota cilegon, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon, Hayati Nufus menegaskan banyak penghargaan telah diraih oleh DPMPTSP, pada tahun 2021-2022 Kota Cilegon meraih penghargaan peringkat 9 dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia dan peringkat 1 (Satu) di Banten terkait capaian realiasasi investasi. Kemudian beberapa waktu yang lalu pada hari kamis 19 Oktober 2023 DPMPSTP Kota Cilegon meraih penghargaan peringkat kedua terbaik penyelenggaraan perizinan Propinsi Banten. Ini merupakan bukti nyata komitmen DPMPTSP dalam membangun Kota Cilegon mewujudkan Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat.

]]>
DPMPTSP Kota Cilegon Akan Gelar Lima Agenda Penting Sekaligus, Ini rinciannya. https://dpmptsp.cilegon.go.id/dpmptsp-kota-cilegon-akan-gelar-lima-agenda-penting-sekaligus-ini-rinciannya/ Wed, 18 Oct 2023 11:24:35 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230590 Cilegon – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon akan menggelar acara penting dalam waktu dekat ini, acara tersebut yakni Forum Konsultasi Publik (FKP) terkait Standar Pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan empat instansi baru dan Addendum Perjanjian Kerjasama Instansi pada Mal Pelayanan Publik dan Rencana Pencanangan Zona Integritas DPMPTSP Kota Cilegon menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) serta yang terakhir Launching Unit layanan Kesehatan Kerja bagi ASN Pemkot Cilegon yang berlokasi di MPP Kota Cilegon.

Acara yang rencananya akan diselenggarakan pada Rabu (25/10/2023) di Aula Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Persandian akan dihadiri oleh sejumlah petinggi Pemerintahan Kota Cilegon diantaranya Wali Kota Cilegon, Wakil Wali Kota Cilegon, Unsur Forkopimda Kota Cilegon, Sekretaris Daerah beserta jajaran, hadir juga Ombudsman, Industri, OPD, Lintas Sektoral, Perwakilan Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Masyarakat serta seluruh instansi yang tergabung pada Mal Pelayanan Publik Kota Cilegon.

Susunan Acara antara lain, sajian acara utama yaitu Forum Konsultasi Publik tentang Standar Pelayanan MPP Kota Cilegon yang akan dibagi kedalam dua sesi. Sesi yang pertama diskusi yang akan dipandu oleh Ombudsman Perwakilan Banten terkait pewujudan pelayanan prima melalui peran serta Masyarakat, kemudian sesi kedua adalah diskusi tentang rancangan Standar Pelayanan MPP Kota Cilegon yang akan dipandu oleh DPMPTSP. dan penutup yaitu Pembacaan dan Penandatanganan Berita Acara Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Mal Pelayanan Publik Kota Cilegon.

Selanjutnya acara dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Mal Pelayanan Publik oleh Instansi yang akan bergabung dan juga Addendum Perjanjian Kerjasama untuk instansi yang melakukan perubahan detail PKS yang telah disepakati sebelumnya. Instansi baru yang akan bergabung dengan MPP pada kesempatan kali ini adalah Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPR Syariah) yang akan menghadirkan layanan dan konsultasi perbankan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait seputar layanan pemilu, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan terkait dukungan dan pelaksanaan layanan Universal Health Coverage (UHC), UHC adalah sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan, serta Dinas Koperasi dan UMK tentang penguatan dukungan pemasaran UMKM, melalui Pojok UMKM di MPP Kota Cilegon. Sedangkan instansi yang melakukan addendum yaitu Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Kejaksaan Negeri terkait perubahan operasional layanan pada MPP.

Selanjutnya, terdapat pencanangan zona integritas, yang akan dilakukan oleh seluruh Pegawai Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Pencanangan zona integritas ini sebagai upaya mengakselerasi tercapainya tujuan-tujuan dari reformasi birokrasi, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, instansi yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik sehingga dapat menjadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Pada forum rapat Pencanangan Zona Integritas, Hayati Nufus sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu mengatakan bahwa zona integritas ini salah satu komitmen dari DPMPTSP untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat, tanpa ada gratifikasi, pungutan liar atau apapun. Beliau meminta arahan dan masukan dari Bagian Organisasi dan juga Inspektorat terkait pencanangan zona integritas yang akan diterapkan.

Bagus Abdurochman selaku perwakilan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Cilegon mengatakan bahwa, tidak ada format khusus terkait pencanangan zona integritas, yang lebih harus dikejar adalah substansi dari zona integritas itu sendiri. Bagus menambahkan bahwa tahapan zona integritas itu sendiri terdiri dari pencanangan, penetapan, pembangunan sampai pemantauan pembangunan.

Sementara itu Inspektur Kota Cilegon H. Mahmudin memberikan apresiasi kepada DPMPTSP yang sudah mengajukan untuk mencanangkan zona integritas, dan mendukung penuh kegiatan ini. Inspektorat mengatakan bahwa yang terpenting dari zona integritas adanya komitmen dari level pimpinan sampai level bawahan untuk sama-sama berikan pelayanan prima kepada masyarakat tanpa ada embel-embel apapun. Inspektorat siap mengawal dan melakukan pendampingan pembangunan Zona Integritas bersama Bagian Organisasi menuju terwujudnya Wilayah Bebas Korupsi.

Hayati Nufus menambahkan, dengan bergabungnya 4 (empat) instansi baru menambah keragaman pelayanan publik yang hadir di MPP Kota Cilegon, ini tentunya menambah kemudahan masyarakat Kota Cilegon dalam memenuhi kebutuhan akan pelayanan publik yang prima dan berkualitas. Yang menarik dengan dibukanya layanan UHC di MPP ini dapat menjawab keluhan masyarakat atau solusi terbaik terkait sulitnya mengurus BPJS Kesehatan dari program UHC. Selama ini masayrakat mengeluhkan merasa ribet saat mengurus UHC, mereka harus mulai dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, lalu ke Dinas Sosial, ke JPKM dan lainnya sehingga menghabiskan waktu dan biaya. Kedepannya tidak akan terjadi lagi, dengan hadirnya layanan UHC di MPP Kota Cilegon Masyarakat hanya perlu datang ke satu lokasi yaitu MPP Cilegon dan kebutuhannya terpenuhi, sesuai dengan moto MPP Kota Cilegon yaitu Terpadu, Kolaboratif, Akuntabel dan Profesional.

]]>
KPU dan BPR Syariah Siap Bergabung dengan Mal Pelayanan Publik Kota Cilegon. https://dpmptsp.cilegon.go.id/kpu-dan-bpr-syariah-siap-bergabung-dengan-mal-pelayanan-publik-kota-cilegon/ Fri, 06 Oct 2023 16:10:00 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230585 KPU dan BPR Syariah Siap Bergabung dengan Mal Pelayanan Publik Kota Cilegon.

Pembahasan Perjanjian Kerjasama dan Adendum MPP Kota Cilegon

Jum’at tanggal 6 Oktober 2023 bertempat di ruang rapat Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon telah diselenggarakan rapat yang pembahasan perjanjian kerjasama dan adendum penyelenggaraan pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon.

Agenda rapat kali ini dihadiri oleh Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama, Badan Narkotika Nasional, Kementerian Agama, Komisi Pemilihan Umum, dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPR Syariah) dan Perwakilan dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon selaku pengelola Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon.

Dengan menghasilkan beberapa poin diantaranya disepakati perubahan jadwal pelayanan pada empat instansi berdasarkan adendum yang disepakati. Keempat instansi tersebut adalah Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama, Badan Narkotika Nasional, dan Kementerian Agama. Sedangkan dua instasi yang akan bergabung yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPR Syariah) dengan jenis layanan yang kemudain akan disepakati pada perjanian kerjasama.

Empat instansi melakukan adendum terkait perubahan jadwal operasional pelaksanaan pelayanan pada MPP Kota Cilegon dikarenakan penyesuaian jadwal layanan untuk sharing gerai dengan rincian perubahan jadwal Kejakasaan Negeri yang semula hari selasa dan kamis diubah menjadi hari senin, Pengadialan Agama yang semula hari selasa dan jum’at diubah menjadi hari jumat, Badan Narkotika Nasional yang semula hari senin dan kamis diubah menjadi hari senin dengan jumlah petugas semula dua orang diubah menjadi satu orang, Kementerian Agama yang semula setiap hari diubah menjadi hari selasa dan kamis.

Setiap insansi yang akan bergabung harus melalui prosedur kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 89 tahun 2021 Pasal 6 ayat (3), Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 92 Tahun 2021 Pasal 11, Peraturan Walikota Cilegon Nomor 41 Tahun 2022 Pasal 10, dan SOP Permintaan Kerjasama Penyelenggaraan Pemerintah.

Meskipun Mal Pelayanan Publik berdiri kurang dari satu tahun, sudah banyak instansi yang bergabung untuk membuka gerai di MPP. Tahun 2022 awal pembentukan, instansi yang bergabung sebanyak 21. Tahun 2023 bertambah 2 instansi, total menjadi 23 instansi dengan 110 jenis layanan. Dan saat ini rencananya akan bergabung kembali 6 instansi baru, dengan total nantinya menjadi 29 instansi.

Antusiasme instansi untuk bergabung ke MPP ini karena banyaknya keuntungan ketika bergabung di Mal Pelayanan Publik. Keuntungan tersebut diantaranya efisen, akesesibilitas, dan ikonik. Efisien artinya bebas biaya pembangunan, sewa dan pemeliharaan, listrik dan air serta sarana lainnya. Aksesibilitas artinya menambah gerai layanan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan. Ikonik artinya Mal Pelayanan Publik saat ini menjadi ikon daerah yang tentunya dapat meningkatkan daya saing dan berpotensi menarik investor. Selain ketiga hal tersebut, keuntungan lainnya yaitu peningkatkan penilaian hasil evaluasi dari Kementerian PANRB dan Ombudsman, dan meningkatkan kepuasan Masyarakat penerima pelayanan public yang ada di Kota Cilegon.

]]>
DPMPTSP BUKA KONSULTASI DAN PELAYANAN LANGSUNG PADA DIALOG CAPAIAN PEMBANGUNAN KECAMATAN CIWANDAN https://dpmptsp.cilegon.go.id/dpmptsp-buka-konsultasi-dan-pelayanan-langsung-pada-dialog-capaian-pembangunan-kecamatan-ciwandan/ Wed, 04 Oct 2023 15:41:18 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230581 Mandiri FM, CILEGON – Untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) memanfaatkan peluang dengan membuka pelayanan konsultasi dan Nomor Induk Berusaha (NIB) pada pelaksanaan kegiatan Dialog Capaian Pembangunan di Kecamatan Ciwandan, Selasa 03 Oktober 2023.

Ditemui Kepala DPMPTSP Hayati Nufus mengatakan, pada pelaksanaan kegiatan dialog capaian pembangunan menggelar pelayanan langsung berupa konsultasi pembuatan izin dan NIB langsung jadi. “Kita pergunakan kesempatan dialog capaian pembangunan yang digelar di setiap kecamatan untuk melakukan pelayanan langsung membuat NIB dan langsung jadi, serta layanan konsultasi mengenai perizinan,” katanya.

 

Diterangkan Nufus, pada kegiatan pelayanan langsung, DPMPTSP menurunkan delapan pegawai untuk melayani masyarakat yang ingin membuat NIB dan konsultasi tentang segala bentuk perizinan. “Kita turunkan delapan petugas pelayanan untuk melayani masyarakat yang ingin konsultasi mengenai perizinan dan langusng membuat NIB dan dibantu sampai selesai oleh para petugas,” terangnya.

Diungkapkan Nufus, kegiatan ini akan terus dilaksanakan pada kegiatan pelaksanaan dialog pembangunan di delapan Kecamatan. “Kita akan gelar kegiatan pelayanan langsung di setiap kegiatan dialog capaian pembangunan di setiap Kecamatan, jadi bagi masyarakat, yang ingin mengurus izin tinggal datang ke stand dengan mempersiapkan persyaratan seperti KTP, Email dan Handphone android untuk menginstal Aplikasinya,” ungkapnya. (Damar/Mega)

 

sumber : https://mandirifm.com/dpmptsp-buka-konsultasi-dan-pelayanan-langsung-pada-dialog-capaian-pembangunan-kecamatan-ciwandan/

]]>
Hadiri Sosialisasi Pembangunan, Masyarakat Bisa Sambil Urus Izin Usaha https://dpmptsp.cilegon.go.id/hadiri-sosialisasi-pembangunan-masyarakat-bisa-sambil-urus-izin-usaha/ Wed, 04 Oct 2023 15:39:56 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230578 CILEGON,RADARBANTEN.CO.ID-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Cilegon membuka Layanan Pembuatan Izin Berusaha dan Konsultasi Perizinan dalam sosialisasi pembangunan atau Sospem di Kecamatan Ciwandan.

Pada kesempatan itu, masyarakat Kecamatan Ciwandan yang menghadiri Sospem bisa sambil urus izin usaha.

Salah satu masyarakat yang memanfaatkan kesempatan itu adalah Munjiyah. Perempuan yang memiliki usaha di bidang hasil pertanian itu mengurus izin usaha.

“Usaha sendiri sama Kelompok Wanita Tani Kubang Lestari,” ujar Munjiyah, Selasa 3 Oktober 2023.

Hasil tani yang dijual itu di antaranya jagung ketan, cabai, dan aneka sayur sayuran.

Hasil tani itu Munjiyah jual baik ke masyarakat secara langsung maupun warung-warung.

Kepala DPM-PTSP Kota Cilegon Hayati Nufus menjelaskan, pihaknya membuka layanan perizinan dan konsultasi itu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Setiap yamg mau berusaha harusnya punya NIB, syaratnya gambang, KTP, email, data usaha dan HP,” ujar Nufus.

Jadi, lanjut Nufus, izin usaha berbentuk Nomor Induk Berusaha (NIB) didapatkan langsung oleh masyarakat saat itu juga.

Rencananya, layanan tersebut akan dilakukan di setiap sospem yang akan dilakukan di setiap kecamatan. (*)

Reporter: Bayu Mulyana
Editor: Agung S Pambudi

sumber : https://www.radarbanten.co.id/hadiri-sosialisasi-pembangunan-masyarakat-bisa-sambil-urus-izin-usaha/

]]>
Realisasi Program Prioritas Daerah “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik” https://dpmptsp.cilegon.go.id/realisasi-program-prioritas-daerah-peningkatan-kualitas-pelayanan-publik/ Thu, 31 Aug 2023 11:06:03 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230569 Realisasi program prioritas daerah “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik”

Pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP)  Kota Cilegon merupakan perwujudan amanat program prioritas daerah dalam hal “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik” melalui pelaksanaan Misi Ke-1 “Menghadirkan Pemerintah Daerah Yang Profesional dan Akuntabel”. Keberhasilan proses pembentukan MPP Kota Cilegon dimotori oleh Tim Percepatan Pembentukan Mal Pelayanan Publik yang dibentuk berdasarkan Keputusan Wali Kota Nomor : 060/Kep.269-ORB/2021. Program ini menjadi salah satu program prioritas yang tingkat keberhasilan capaiannya lebih cepat dari target RPJMD. Di dalam dokumen RPJMD target launching MPP dilaksanakan pada tahun 2023, namun pelaksanaannya dilapangan mengalami percepatan sehingga pada tanggal 05 Desember 2022 Mal Pelayanan Publik Kota Cilegon dapat diresmikan secara nasional oleh Wakil Presiden di Istana Wakil Presiden di Jakarta.

Penyelenggaraan MPP Kota Cilegon dilaksanakan dengan mengusung 4 prinsip yaitu Terpadu, Kolaboratif, Profesional dan Akuntabel. Jumlah instansi gerai yang bergabung pada MPP Kota Cilegon sebelumnya adalah 22 instansi dan pada awal agustus PT.Taspen (Persero) melalukan MoU untuk bergabung dengan MPP Kota Cilegon, sehingga jumlah keseluruhan saat ini terdapat 23 instansi gerai, terdiri dari berbagai macam instansi baik itu instansi vertikal, Pemerintah Provinsi Banten, perangkat daerah Kota Cilegon, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dengan melayani sebanyak total 106 jenis layanan.

Menurut himpunan data yang kami olah berdasarkan rekap mesin antrian, jumlah total kunjungan pada MPP Kota Cilegon sejak awal januari sampai dengan akhir juli 2023 berjumlah 12.620 pengunjung. Pada data tersebut, Jumlah layanan terbanyak berada pada gerai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan layanan kependudukan memiliki total jumlah kunjungan layanan sebanyak 4.916 orang atau sebesar 38,95% selama 7 bulan. Jumlah penerima layanan tertinggi pada urutan kedua berada pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu dengan total jumlah kunjungan layanan sebanyak 1.691 orang (13,40%), disusul pada urutan ketiga adalah BPJS Kesehatan dengan total jumlah kunjungan layanan sebanyak 1.151 orang (9,12%).

]]>
Pesona Pulau Merak Kecil dan Pulau Merak Besar Sebagai Potensi Investasi di Bidang Parekraf https://dpmptsp.cilegon.go.id/pesona-pulau-merak-kecil-dan-pulau-merak-besar-sebagai-potensi-investasi-di-bidang-parekraf/ Tue, 15 Aug 2023 13:43:20 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230553

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu daerah adalah terbangunnya iklim investasi di semua sektor. Hal tersebut, terus diupayakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon.Sebagai daerah yang memiliki lokasi strategis dan didukung oleh service area, tak heran jika banyak investor yang memilih Kota Cilegon sebagai daerah tujuan investasi. Khususnya investasi dari sektor industri. Sejumlah kawasan industri di Kota Cilegon bisa menjadi percontohan dalam pembangunan kawasan industri di luar Pulau Jawa.

Saat ini, pengembangan kawasan industri di wilayah Cilegon telah terintegrasi dengan ketersediaan infrastruktur. Namun, tidak hanya dari sektor industri saja. Sektor lain seperti pariwisata juga memiliki potensi yang luar biasa untuk menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Kota Cilegon. Salah satunya adalah Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil yang saat ini mulai berkembang sebagai tempat pariwisata namun pengelolaannya masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitarnya.

Kedua pulau ini lokasinya tidak begitu jauh dari daratan. Hanya dibutuhkan sekitar beberapa menit untuk bisa menuju lokasi pulau-pulau cantik ini menggunakan perahu nelayan. Bahkan jika menggunakan speed boat, maka waktu tempuh yang dibutuhkan bisa lebih cepat. Pada 22 Desember 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang memiliki agenda kunjungan ke Cilegon menyinggung kedua pulau ini. Pulau yang disebutnya menyerupai Sentosa Island di Singapura itu, dinilai berpotensi sebagai objek wisata dan ruang pemasaran beragam produk ekonomi kreatif milik masyarakat setempat.

“Kita bisa bangun infrastruktur ekonomi kreatif dalam bentuk Creative Hub. Tujuannya agar UMKM bisa memasarkan produk-produk ekonomi kreatif yang menurut saya sudah punya kualitas ekspor. Ini yang harus kita berikan fasilitasi,” ujar Sandiaga Uno.

Pernyataan Sandiaga Uno saat itu disambut gembira Walikota Cilegon Helldy Agustian. Usulan itu dinilai selaras dengan harapannya agar Kemenparekraf membantu Pemerintah Kota Cilegon dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua pulau tersebut tentu sangat berpotensi jika dikembangkan menjadi objek wisata moderen layaknya Sentosa Island di Singapura seperti yang disebut Sandiaga Uno karena memiliki potensi sumberdaya Kelautan serta Flora dan Fauna serta kondisi alamnya yang masih asri. Berikut sedikit gambaran terkait kondisi kedua pulau ini.

Pulau Merak Kecil berada di perairan Selat Sunda, Cilegon, Banten. Pulau tersebut menawarkan suasana pantai yang sejuk dengan hamparan pasir putih dan laut birunya yang menenangkan sehingga sangat cocok untuk melepas penat setelah beraktivitas selama hampir sepekan. Selain itu, saat ini pengunjung sudah dapat menikmati sejumlah fasilitas tambahan seperti banana boat, wisata naik perahu, dan snorkeling, terdapat juga fasilitas penunjang di antaranya toilet, tempat ganti pakaian, dan mushola. Meskipun ukurannya kecil, pulau tersebut memiliki beberapa akomodasi yang bisa digunakan untuk bermalam seperti homestay dan tenda. Selain itu, terdapat warung-warung kuliner yang menyediakan makanan laut segar.

Waktu kunjungan wisatawan dibuka setiap hari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Karena perahu yang mengantarkan berhenti beroperasi di jam tersebut. Perjalanan menuju pulau menggunakan perahu tidak lama hanya sekitar 5 menit jarak tempuh. Sementara jika berkemah, tidak perlu mengkhawatirkan batas waktu kunjungan ini karena ada perahu yang bisa menjemput keesokan harinya. Di samping itu, untuk berlibur ke Pulau Merak Kecil tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Bahkan, cukup bermodalkan Rp50 ribu saja. Tarif masuk Pulau Merak kecil tergolong murah. Untuk menyeberang ke Pulau Merak Kecil cukup membayar diawal dengan tarif Rp17 ribu. Biaya tersebut sudah total layanan antar dan jemput jika sudah selesai. Jika membawa uang Rp50 ribu, tentu masih ada sisa Rp33 ribu yang dapat digunakan untuk membeli makanan atau menikmati wahana-wahana yang tersedia.

Pulau Merak Besar masuk ke dalam wilayah Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, merupakan tempat wisata yang bisa kunjungi karena pesona keindahannya yang cukup memesona. Terlebih, keramahan penduduk lokal daerah Cilegon terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing dapat menambah kenyamanan saat berkunjung ke pulau ini. Memasuki Pulau Merak Besar sangat mengagumkan karena air lautn yang begitu jernih dan pemandangan yang disuguhkan dapat mengobati rasa lelah dari perjalanan. Pulau Merak Besar terletak tepat (± 500 M) didepan pelabuhan penyebrangan Merak–Bakauheni, dengan luas areal sekitar 20 Ha. Untuk menuju ke pulau ini cukup membayar perahu mesin yang khusus mengangkut pengunjung dengan dikenai biaya sebesar Rp25.000 per orang. Perjalanan yang ditempuh sekitar 7 menit dari pantai mabak. Hamparan laut biru yang sangat menyejukkan mata dan hembusan angin dapat membuat mata mengantuk, pemandangan kapal Fery dari dermaga penyeberangan sangat indah, dengan lalu lalangnya kapal.

Fasilitas di Pulaun Merak Besar memang masih tergolong minim. Hanya tersedia toilet dan ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Di pulau merak besar terbilang cukup sepi sehingga jika berkunjung ke pulau ini terasa seperti sedang berada di pulau pribadi. Hal yang unik dari Pulau Merak Besar ini, terdapat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1883 silam. Jadi, selain bisa menikmati keindahan alamnya, juga bisa belajar mengenai sejarah. Pada dasarnya, Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak. Pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah pusat dan daerah tersebut. (*)

Wisata pantai pulau merak kecil

]]>
Daya tarik investasi Kota Cilegon terus menguat. https://dpmptsp.cilegon.go.id/daya-tarik-investasi-kota-cilegon-terus-menguat/ Thu, 03 Aug 2023 09:55:45 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230507 Realisasi investasi di Provinsi Banten pada tahun 2022 masuk enam besar nasional. Di mana total investasi yang masuk mencapai Rp 80,2 triliun, naik 38,41 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp 57,96 triliun.

Dari capaian tersebut Kota Cilegon merupakan penyumbang terbesar dengan angka realiasasi investasi di tahun 2022 mencapai Rp.32,95 Triliun dari target realisasi yang tertuang di dalam Restra Kota Cilegon pada tahun 2022 sebesar 8 Pencapaian ini melanjutkan trend positif dimana sebelumnya Kota Cilegon berhasil meraih penghargaan Peringkat ke-9 Nasional dari 514 Kabupaten/Kota Se-Indonesia atas Pencapaian Realisasi Investasi Tahun 2021 dari Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia.

Kementerian Investasi mengapresiasi Pemerintah Kota Cilegon dibawah kepemimpinan Walikota Cilegon Helldy Agustian yang telah mampu menciptakan iklim investasi yang kondusif di Kota Baja.

Hal itu tampak dari tingginya capaian realisasi investasi tiap tahun ke tahun. Terwujudnya hal tersebut di dasari Kota Cilegon yang terus berinovasi menarik minat investor.

Diantaranya melalui peningkatan kualitas infrastruktur, kerjasama pemenuhan kebutuhan industri lain seperti dengan membangun proyek pengolahan sampah terpadu menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP).

BBJP ini dapat digunakan oleh perusahaan pembangkit listrik dan menggambarkan Kota Cilegon memiliki visi jauh kedepan untuk mewujudkan penggunaan energi baru terbarukan.

Juga sebagai daya tarik keberhasilan inovasi unggulan daerah yang menjadi program promosi investasi secara tidak langsung.

]]> GERAI INSTANSI DAN JAM LAYANAN PADA MPP KOTA CILEGON https://dpmptsp.cilegon.go.id/gerai-instansi-dan-jam-layanan-pada-mpp-kota-cilegon/ Thu, 08 Jun 2023 10:28:47 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230495 Pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon tersedia 22 Gerai Instansi yang tergabung, berikut Gerai Instansi tergabung dan jadwal operasionalnya:

]]> Penayangan Surat Panggilan Terdakwa ke-III Ir. Victory Jerzon Tilalemba Mandajo https://dpmptsp.cilegon.go.id/penayangan-surat-panggilan-terdakwa-ke-ii-ir-victory-jerzon-tilalemba-mandajo-2/ Wed, 31 May 2023 15:04:30 +0000 https://dpmptsp.cilegon.go.id/?p=230489 Berdasarkan Surat dari Kejaksaan Negeri Cilegon Nomor :SP 1508/ M.6.15/ Ft.1/05/2023 perihal penayangan surat pemanggilan terdakwa.

dengan ini kami tayangkan informasi berikut:

 

]]>