FAQ SEPUTAR NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB)
Saat ini setiap pengusaha diwajibkan untuk memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB, apa sesungguhnya NIB itu? Bagaimana cara mendapatkan NIB tersebut?
Dan untuk Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) saat ini bagaimana pengurusannya pada OSS?

Jawaban :
Pemerintah melalui Perpres Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha berupaya memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinanan usaha. Tujuannya adalah untuk mempercepat pelaksanaan berusaha di Indonesia. Saat ini setiap pengusaha harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Nomor Induk Berusaha (NIB) berfungsi juga sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan akses kepabeanan.

Dengan adanya Nomor Induk Berusaha (NIB), tentunya sistem pendaftaran atau permohonan perizinan usaha lebih sederhana. Untuk membuat NIB ini, pengusaha bisa melakukan secara online dengan metode/sistem Online Single Submission (OSS).
Prosedur untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bisa diurus sendiri oleh para pelaku usaha atau investor sebagai berikut; Pemohon melakukan registrasi melalui Sitem Online Single Submission (OSS ) secara online melalui website resmi www.oss.go.id kemudian pilih daftar dan menginput data diri untuk mendapatkan user id. Setelah pendaftaran selesai dan berhasil untuk login ke sistem Online Single Submission (OSS), maka pelaku usaha atau investor bisa memilih nomor akta, kemudian melengkapi data berusaha/investor untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Perizinan Dasar. Pemohon dapat menentukan izin apa saja yang dibutuhkan sesuai sektor usahanya dan melakukan pemenuhan komeitmen ke DPMPTSP Kota Cilegon untuk melakukan aktifasi izin yang dimohonkan.
Terkait IUMK Dalam rangka percepatan proses perizinan, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Untuk menindaklanjuti PP tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM mengeluarkan 2 (dua) Peraturan Menteri, yaitu; Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2018 tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi dan Peraturan Menteri Nomor 02 Tahun 2019 tentang Perizinan Berusaha terintegrasi secara Elektronik Bagi Usaha Mikro dan Kecil. Izin usaha bagi pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil perseorangan melalui OSS diberikan tanpa komitmen, artinya begitu terbit Nomor Induk Berusaha (NIB) sekaligus terbit IUMK.
Untuk cara mendapatkan IUMK dapat langsung mengunjungi www.oss.go.id kemudian klik daftar dan isi form registrasi ketika sudah selesai anda bisa masuk dengan akun dan password yang sudah dikirimkan melalui email. Setelah masuk pilih menu perizinan mikro, kemudian klik lanjutkan dan klik pengajuan baru, kemudian isi data diri dan data usaha beserta modal usaha maksimal Rp.50.000.000,- kemudian klik simpan dan lanjutkan. Kemudian akan masuk ke halaman FORM IZIN USAHA MIKRO dan klik tambah data lalu isikan data usaha yang anda ajukan dan klik simpan data usaha. Akan kembali ke ke halaman FORM IZIN USAHA MIKRO pilih data usaha yang sudah di input dan klik simpan dan lanjutkan. Pada Data Usaha klik data usaha yang sudah di input dan terakhir klik Proses NIB. Maka NIB dan IUMK anda telah selesai.
Sedangkan izin usaha bagi Usaha Kecil non perseorangan dan Badan Usaha diberikan dengan komitmen artinya bahwa terbit Nomor Induk Berusaha (NIB) tidak serta merta menjamin terbitnya izin usaha, karena harus melengkapi pemenuhan komitmen yang harus di tempuh pada DPMPTSP Kota Cilegon sesuai dengan sektor usaha yang di lakukan.

PEMERINTAH KOTA CILEGON
DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
Jl. Pangeran Jayakarta Kel. Masigit Kec. Jombang Kota Cilegon – Banten
Kode Pos 42414 Telp. ( 0254 ) 7870543
FB : Dpmptsp Cilegon
Sms Center : 087740000048
Email : dpmptspkotacilegon@gmail.com Website: dpmptsp.cilegon.go.id