Event tahunan Cilegon yakni Cilegon Expo 2018 resmi dibuka oleh Plt. Walikota Cilegon Edi Ariadi pada Juma’at (4/4) lalu. Yang menarik, pembukaan Cilegon Expo kali ini diwarnai oleh hadirnya taruna – taruna muda yang telah melakukan Latsitarda ke – 38. Hal ini dikarenakan perhelatan Cilegon Expo juga dibuka dengan peresmian Tugu Integrasi Latsitarda Nusantara XXXVIII/2018.

Sekitar 1.000 taruna Akademi Polisi (Akpol), Akademi Militer (Akmil), Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memang telah melakukan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) sejak pertengahan April lalu. Peresmian Tugu Latsitarda yang terletak di Alun – Alun Cilegon itu juga disertai penyerahan penyerahan hasil Risos (Riset dan Sosialisasi) para taruna dan taruni serta praja IPDN dari Yontarlat-2/HIU Perkasa kepada Plt Walikota Cilegon.

Pergelaran Cilegon Expo 2018 terasa baru dan lain daripada perhelatan event tahun – tahun sebelumnya karena dibalut dalam nuansa yang baru, Alun – Alun Kota Cilegon. Gelaran Cilegon Expo sendiri akan berlangsung hingga Kamis (10/5). Tentunya ada beberapa agenda menarik yang boleh dilewatkan oleh masyarakat Cilegon.

Geger Festival KPJ akan mewarnai gelaran Cilegon Expo hingga Sabtu (5/5) malam nanti. Berbagai macam musik seperti Anto Bareto dan musik regea akan setia memanjakan telingan warga Cilegon. Selain itu berbagai komunitas dari mulai Skate Board, Teater, BMX, Reptil lover, dan penembak akan turut serta meramiakan Geger Festival KPJ ini.

Selanjutnya, yang juga merupakan event tahunan yang tidak boleh dilewatkan adalah Festival Golok Day yang akan hadir pada hari Minggu (6/5) nanti. Selain Pawai Silat, festival Golok Day kali ini akan diisi dengan seminar Golok Nasional yang akan dihadiri oleh Aktor Laga Dunia, Kang Cecep Arif Rahman. Selain itu, gelaran Golok Day festival juga akan dimeriahkan dengan Golok Competition dan tentunya penampilan Golok Raksasa sebagai pusaka pamungkasnya.

Lomba baca puisi, Launching buku ‘Sajak Para Petarung’ dan Talk Show RSIA Gracia akan mewarnai gelaran Cilegon Expo hingga hari Selasa (8/5). Yang akan dilanjutkan dengan lomba Ngecaprak Bareng Yai Uyat, Lomba Mewarnai, Fashion Show, dan akan dipungkasi dengan pagelaran Seni Sanggar Puspa Arum.

Penampilan yang juga tak boleh dilewatkan adalah penampilan Seni Musik dari bambu (Pringtung) yang akan dibawakan oleh kelompok musik The Lion Sing (Delingseng) pada hari Rabu (9/5). Disusul dengan Festival Hadroh sekaligus peresmian pengurus Hadroh Kota Cilegon.

Di akhir gelaran Cilegon Expo, Parade Musisi akan menjadi pamungkas dari event tahunan ini. Acara Ngopi Bareng Musisi Banten akan siap menutup kesan meriah dari gelaran Cilegon Expo 2018. Dari acar Cilegon Expo 2018 ini, Kepala Disperindag Cilegon, Tb Dikrie Maulawardhana berharap event ini dapat menjadi ajang inrteraksi masyarakat Kota Cilegon.

“Jadi event ini tidak hanya untuk pemkot saja, pameran ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengetahui dan mengingat keragaman khas Kota Cilegon,” ungkapnya.

Sumber : http://satubanten.com/index.php/news/seputar-banten/item/5264-resmi-dibuka-ini-agenda-yang-tidak-boleh-dilewatkan-dalam-gelaran-cilegon-expo-2018