Gedung DPMPTSP Cilegon, Menunggu Layanan Perizinan Tak ‘Berpintu-pintu’

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon dijadwalkan akan membangun gedung kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pada tahun ini. Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Sari Suryati berharap aktivitas di gedung yang akan menempati lahan eks bengkok di Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang itu akan lebih mempermudah pelayanan perizinan kepada publik.

“Di gedung itu harapan kita karena itu adalah satu pintu, maka proses pelayanan itu terpusat, rekom teknis itu tak lagi pemohon datang ke OPD-OPD. Walau pun rekom teknis ini nanti tetap harus ada,” ujarnya belum lama ini.

Dikatakan Sari, secara sistem saat ini sudah terdapat sekira 50 item perizinan yang sudah masuk dalam sistem pelayanan perizinan secara online yang juga nanti akan diterapkan dibantu tim teknis gabungan dari OPD-OPD yang disiagakan melalui surat perintah penugasan di gedung baru tersebut. (more…)

Kota Kecil, Cilegon Terus Dilirik Investor

CILEGON – Dikenal sebagai kota industri, Cilegon terus menjadi wilayah tujuan investasi. Investor silih berganti menanamkan modalnya di kota kecil yang hanya seluas 175 kilometer persegi ini.

“Informasi yang kita dapat dari pemerintah pusat bahwa memang akan ada investor yang datang ke Cilegon. Kenapa Cilegon menjadi daya tarik, karena kan Cilegon itu merupakan zona kawasan industri berat. Nah selama itu (investasi) bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah, kenapa tidak,” ujar Sekretaris Daerah Kota Cilegon Sari Suryati, Rabu (21/3/2018).

Data yang dihimpun dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilegon disebutkan, kedatangan investor di Kota Cilegon terus menunjukkan tren yang positif. Pada tahun 2017 lalu saja, total investasi gabungan dari 204 perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) sudah berada di kisaran angka Rp176,5 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya yakni total investasi Rp167,3 triliun dari 174 PMA dan PMDN. Belum lagi ditambah rencana pembangunan pabrik petrokimia, PT Lotte Chemical Indonesia, yang dikabarkan akan berinvestasi sekira Rp70 triliun dan mungkin akan terus bertambah. (more…)

Pemerintah Luncurkan Program Vokasi Industri Di Cilegon

Cilegon (Antaranews Banten) – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meluncurkan program vokasi industri bertempat di Kota Cilegon, Provinsi Banten.

“Kami mendorong pengembangan pendidikan vokasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar kerja (demand driven) saat ini, sebagai upaya mewujudkan pelaksanaan revolusi mental, sebagai gerakan nasional membangun kualitas SDM, terutama dalam menghadapi era industri,” kata Menteri Perindustrian Airlangka Hartarto di Cilegon, Senin. (more…)

Cilegon Jalin Kolaborasi dengan Banyuwangi

Banyuwangi – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, melakukan studi banding tentang sistem penganggaran ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi setelah mendapat rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cilegon, Edi Ariyadi, mengatakan, pihaknya berencana mengadopsi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan (Simral) milik Pemkab Banyuwangi.

(more…)

DPMPTSP Kota Cilegon Berlakukan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Online Mulai Senin 29 Januari 2018

Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan  Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah melakukan inovasi dalam hal kemudahan pelayanan Perizinan dan Nonperizinan. DPMPTSP telah siap untuk melaksanakan proses Perizinan dan Nonperizinan secara online melalui program Sistem Informasi Perizinan Elektronik Cilegon atau disebut SIPECI. Salah satu yang menjadi fokus utama adalah pelayanan Perizinan dan Nonperizinan dapat diproses secara online dan dapat di akses kapan saja dan dimana saja melalui browser serta dapat  mengakses informasi izin melalui mobile baik android ataupun IOs. (more…)

Sudahkah perusahaan anda menyampaikan LKPM?

Dalam rangka pengendalian Penanaman Modal sebagaimana dalam peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No.03 Tahun 2012 tentang Pengendalian Penanaman Modal, bahwa setiap perusahaan baik Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negri (PMDN) wajib menyampaikan progres Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

  • Apa itu LKPM?

LKPM adalah Laporan Kegiatan Penanaman Modal yang wajib disampaikan oleh setiap perusahaan atas progres proyek investasi yang sedang berjalan ataupun yang sudah komersil secara bertahap kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon. (more…)