CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon dijadwalkan akan membangun gedung kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pada tahun ini. Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Sari Suryati berharap aktivitas di gedung yang akan menempati lahan eks bengkok di Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang itu akan lebih mempermudah pelayanan perizinan kepada publik.

“Di gedung itu harapan kita karena itu adalah satu pintu, maka proses pelayanan itu terpusat, rekom teknis itu tak lagi pemohon datang ke OPD-OPD. Walau pun rekom teknis ini nanti tetap harus ada,” ujarnya belum lama ini.

Dikatakan Sari, secara sistem saat ini sudah terdapat sekira 50 item perizinan yang sudah masuk dalam sistem pelayanan perizinan secara online yang juga nanti akan diterapkan dibantu tim teknis gabungan dari OPD-OPD yang disiagakan melalui surat perintah penugasan di gedung baru tersebut.

“Di tata ruang gedung baru itu nanti, untuk lantai atas itu adalah khusus untuk kantor staf. Sementara di bawah, khusus pelayanan terkait izin dan non perizinan termasuk di dalamnya adalah dinas-dinas teknis yang menjadi (pemberi) rekom teknis. Maka nanti tim teknis dari beberapa OPD juga akan disiapkan di ruangan-ruangan di gedung baru itu. Jadi tidak akan ada lagi pemohon datang kesana kesini (beberapa OPD),” imbuhnya.

Dalam beberapa kali kesempatan, Sari mengatakan OPD harus mampu membuat dan melaksanakan schedule dan network planning di setiap triwulan anggaran dalam rangka disiplin anggaran guna menekan laju pembengkakan silpa seperti pada beberapa tahun anggaran terakhir.

Namun di triwulan kedua tahun ini, proyek konstruksi gedung yang akan dibangun oleh Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) itu hingga saat ini belum masuk dalam tahap lelang di portal LPSE Cilegon.

Informasi yang dihimpun BantenNews.co.id, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran sekira Rp15 miliar untuk pembangunan gedung DPMPTSP. Nilai tersebut belum termasuk anggaran pengawasan pekerjaan yang nilainya di kisaran Rp322 juta dan Detail Engineering Design (DED) yang sebelumnya sudah dibuat dengan menyerap anggaran sekira Rp170 juta pada APBD 2016 silam.

sumber: https://www.bantennews.co.id/gedung-dpmptsp-cilegon-menunggu-layanan-perizinan-tak-berpintu-pintu/