Kota Cilegon sebagai Kota industri perdagangan dan jasa dengan tingkat pertumbuhan investasi pada tahun 2016 mencapai 18% dan terus tumbuh seiring dengan iklim ekonomi yang kondusif. Pertumbuhan investasi merupakan tolak ukur keberhasilan suatu daerah.

Kota Cilegon sebagai kota industri, perdagangan dan jasa dengan tingkat pertumbuhan investasi yang sangat signifikan, terbukti sampai dengan Bulan November Tahun 2017total investasi mencapai Rp. 176,52 Triliun dengan rincian investasi dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp. 150,52 Triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp. 26,00 Triliun.

Melihat nilai tersebut Kota Cilegon dapat tumbuh sejajar dengan kota berkembang lainnya. Kota Cilegon dengan visi Terwujudnya Kota Cilegon Yang Unggul dan Sejahtera Berbasis Industri, Perdagangan dan Jasa merupakan kota yang strategis secara geografis yang merupakan jalur penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, sehingga berdampak Kota Cilegon memiliki potensi investasi yang prospektif dan memiliki keunggulan daya saing strategis.

Selain industri baja, petrokimia, dan industri olahan lainnya yang berkembang pesat di Kota Cilegon, beberapa potensi yang prospektif dapat dikembangkan adalah potensi agribisnis dan agroindustri, transportasi, perdagangan dan  jasa, serta sektor ekonomi kreatif.

Investasi sampai dengan tahun 2017

  • Penanaman Modal Asing sebesar Rp. 150,52 Triliun (5,35%)
  • Penanaman Modal Dalam Negeri sebesar Rp. 26,00 Triliun (5,53%)
  • Total Rencana Investasi Tahun 2017 Sebesar Rp. 176,52 Triliun (5,55%)

Jumlah Perusahaan Berdasarkan Izin Usaha sampai Tahun 2017 :

  • 158 Perusahaan Penananam Modal Asing (PMA)
  • 46 Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)
  • Total 204 Perusahaan

Daftar Negara Pelaku Investasi:

  1. Gabungan Negara
  2. Jepang
  3. Australia
  4. Singapura
  5. Amerika Serikat
  6. Korea Selatan
  7. Indonesia (PMDN)

Trend Bidang Usaha Sektoral Tahun 2017:

  1. Industri besi dan baja
  2. Industri Kimia dasar An-Organik
  3. Industri Kimia dasar organik
  4. Industri Perdagangan besar dan jasa konstruksi
  5. Industri semen
  6. Property

Salah satu upaya meningkatkan perekonomian daerah melalui daya dukung industri, perdagangan, dan jasa serta meningkatkan potensi daya saingdaerah antara lain dengan memberikan informasi potensidan peluang investasi yang ada di Kota Cilegon. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon melaksanakan kegiatan promosi investasi yang dikemas dalam suatu bentuk promosi melalui media pameran investasi skala Nasional.

Kota Cilegon dalam hal ini berupaya memberikan kemudahan terhadap investor yang ingin berinvestasi melalui penerapan kebijakan perizinan satu pintu tersebut sehingga berdampak dengan kenaikan investasi yang cukup signifikan. Pada tahun ini hingga bulan November 2017 DPMPTSP Kota Cilegon telah menerbitkan sejumlah 3106 Perizinan dan Non Perizinan.

Berkat dedikasi yang tinggi DPMPTSP Kota Cilegon mendapatkan penghargaaan dari Ombudsman RI Perwakilan Propinsi Banten sebagai “Predikat Kepatuhan Tinggi Terhadap Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik” kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

sumber: https://www.bantennews.co.id/dpmptsp-kota-cilegon-dalam-keberhasilan-pertumbuhan-investasi/