CILEGON, TitikNOL – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyanjung kinerja Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi karena telah membantu beberapa perizinan untuk pembangunan PT Lotte Chemical Indonesia.

Hal itu diungkapkan Airlangga saat menghadiri ground breaking PT Lotte Chemical Indonesia di Cilegon, Jumat ( 7/12/2018).

“Terima kasih kepada Bapak Walikota Cilegon Edi Ariadi yang telah membantu semua perizinan diantaranya rekralamasi dan lain-lain untuk PT Lotte Chemical Indonesia di Cilegon,” kata Ketua Umum Partai Golkar ini.

Dikatakan Airlangga, tidak ada walikota se-Indonesia yang mendapatkan investasi sebesar Cilegon.

“Hari ini investasi 3,5 miliar dollar (PT Lotte Chemical Indonesia) di Cilegon. Tidak ada walikota se-Indonesia yang mendapatkan investasi sebesar Cilegon. Maka dengan itu wajib hukumnya proyek ini kita jaga supaya proyek ini berhasil dan menguntungkan,” ungkapnya.

Menurut Airlangga, pemerintah melihat bahwa industri merupakan salah satu sektor yang penting dalam pembangunan.

“Karena sektor industri ini berkontribusi terhadap 20 persen produk domestik bruto (PDB). Rencana pembangunan jangka menengah Indonesia sampai 2024 ini ditargetkan kontribusinya menjadi 22- 23 persen, dan di tahun 2030 25 persen. Kemudian pendirian pabrik ini tepat pada waktunya karena dia akan berkontribusi di tahun 2023,” jelasnya Airlangga.

Sementara itu, Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, PT Lotte Chemical Indonesia harus berkomitmen terhadap lingkungan dan penyerapan tenaga kerja. “PT Lotte Chemical Indonesia diminta komitmen juga, terkait lingkungan dan tenaga kerja,” imbuhnya.

Edi pun mengakui jika pihaknya telah membantu proses beberapa perizinan PT Lotte Chemical seperti apa yang disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Terakhir ngurus IMB sebenarnya, dan kita selesaikan cepat walaupun katakanlah ada kekurangan sedikit-sedikit, ya nggak masalah,” ungkapnya.

Sumber: https://titiknol.co.id/peristiwa/bantu-perizinan-pt-lotte-chemical-menteri-perindustrian-sanjung-plt-walikota-cilegon/